Penjelasan Tentang Barcode Dan Cara Membuat Barcode Sendiri

November142011
d.barcode.jpg
Assalamu'alaikum sobat Mwb sekalian,,,, Salam sejahtera untuk kita semua .. Sesuai judul pertemuan kali ini saya akan mengulas tentang barcode dan cara membuat barcode itu sendiri.

Barcode pertama kali diperkenalkan oleh dua orang mahasiswa Drexel Institute of Technology Bernard Silver dan Norman Joseph Woodland di tahun 1948, yang kemudian dikembangkan oleh perusahaan asal Jepang : DENSO WAVE.

Barcode adalah informasi terbacakan mesin (machine readable) dalam format visual yang tercetak. Sejatinya, barcode digunakan untuk menandai suatu produk yang sering kita jumpai di toko ataupun supermarket agar mudah terorganisir. barcode2.asp.png Umumnya barcode berbentuk garis-garis vertikal tipis tebal yang terpisah oleh jarak tertentu. Namun seiring perkembangan teknologi, kini barcode sudah bisa menampilkan kode dalam model 2D (matrix code).

QRo-omdotcom.png Artinya, pengkodean semacam ini tak hanya berlaku di satu sisi namun berupa kode matriks dua dimensi yang berupa kombinasi kode matriks bujur sangkar.

Untuk aplikasi pembaca barcode reader itu sendiri, sudah banyak dikembangkan buat ponsel, seperti Mobiletagg dan Beetagg Reader untuk ponsel berbasis symbian yang bisa anda unduh diakhir cerita. mrgreen


Nah, disini adalah tahapan untuk membuat barcode yang mungkin bisa kalian coba berkirim pesan dalam format barcode :

1. Pertamax ..
Masuk portal www.qrcode.kaywa.com . Selanjutnya anda akan menjumpai generator untuk membuat barcode.

2. Keduax
Barcode1.jpg
Pada generator tersebut terdapat 4 pilihan : Url, Text, Phone Number, Sms. Tapi kali ini saya mencoba pilih text, dan dikolomnya saya isi ' Loe Gue End!!!' . Dan klik Generate! untuk melakukan proses konversi.

3. Ketiaks
Barcode2.jpg
Nah, barcode sudah selesai dibuat dan unduh gambar barcode tersebut, kalo bingung cara mengunduh lebih baik Screenshoot aja.

4. Kempats
Selanjutnya mari kita uji barcodenya, apakah sudah dapat terbaca oleh aplikasi??
Barcode3.jpg
Jalankan aplikasi pembaca barcode yang sudah terinstal, secara otomatis aplikasi membawa modus kamera aktif dan lakukan proses scanning pada barcode. (sebelumnya gambar barcode yang kita unduh tadi dikirim ke ponsel yang lain agar dapat melakukan scanning)

5. Klimaks
Barcode4.jpg

Maka aplikasi akan menampilkan informasi barcode tersebut dan dibarengi bunyi Tuutt.. Seperti Screenshoot diatas, munculah kata Loe Gue End!!!


Berikut 2 aplikasi alternatif untuk membaca barcode :
Beetagg Reader Signed S60v3.sis (760.kb)
Mobiletagg QR Reader Symbian9.x.sis (555kb)

Good Lak Bro ... !!
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

57 tanggapan untuk "Penjelasan Tentang Barcode Dan Cara Membuat Barcode Sendiri"

Van Vaart pada 12:58 PM, 14-Nov-11

pertamax sob

Nuer pada 01:19 PM, 14-Nov-11

kedua sob

Yoas'll Nevèr Walk Alonè pada 01:21 PM, 14-Nov-11

absen siang gan
ijin nyimak biggrin YNWA

Symbian Milano pada 01:27 PM, 14-Nov-11

Knjungan sore sob..mantap postnya..biggrin

Hikayat Newby pada 01:30 PM, 14-Nov-11

Trs qta buat apa sob kya gtu'an ?
Hehehe
evil

Nyimak aja yaa...
smile

Yanz'rimba pada 01:54 PM, 14-Nov-11

sebentar sob ..ane catet dulu nih 8) mantap..thnks ya

Gaplek pada 02:02 PM, 14-Nov-11

Maca bae lah bos,,

mumet ,,
he he herazz

Nur Khasanah Gien pada 02:18 PM, 14-Nov-11

Wow.. Nice infobiggrin

Madthohars | Gudang Ilmu & Artikel pada 02:54 PM, 14-Nov-11

mantaap maaazz,appsnya

Other Side ⡩ pada 03:07 PM, 14-Nov-11

kunjgn sore ya sob, ijin nyimak ya, maaf telat nih..hehe

Abdy pada 03:12 PM, 14-Nov-11

nice info gansmile

Hamdan pada 03:28 PM, 14-Nov-11

Okey, Thankx juga sob dah berkunjung ,,,, moga berguna mrgreen

Rachman Safryan pada 03:36 PM, 14-Nov-11

bb code tuh apa..??xixixi

©Budi|Kudus™ pada 04:07 PM, 14-Nov-11

bingung sob,blm pernah mcoba

Dicky | More Than Just A Blog pada 04:22 PM, 14-Nov-11

hadir sob.. mantaff info barcodenya.. thanks 4 sharing.. smile

mampir + tolong bantu klik iklan diblog ane sob.. thax bantuannya.. mrgreen

AGOES JAYUS™ pada 04:30 PM, 14-Nov-11

Wah,mantep neh.. Kira2 aplikasi ada buat hepong java ga sob?

Lukman Arya Dinata pada 05:06 PM, 14-Nov-11

Absen gan lapor blog nya dah ane flw d tunggu kunbal n flw back nya d blog ane..
http://lukmanarya.mywapblog.com
skalian tukeran link nya gan,.

Nufiela pada 05:10 PM, 14-Nov-11

Wah mantep sob.ijin coba sob.

Hamdan pada 05:13 PM, 14-Nov-11

@Budi, Hehe....... Oke mas, Thankx kunjungannya ..
@Dick, langsung kesana ..
@Agoes, blum nemu utk java sob,..
@Lukman, oke sob,.. Ane folback ..

°°°zetha°°° pada 05:14 PM, 14-Nov-11

Woohoo...
Fresh nih... Bener-bener informatif...

Iman Hijrah dan Jihad pada 05:27 PM, 14-Nov-11

Assalamu'alaikum Mas Hamdan..
posting Qr Barcode sangat rinci dan jelas..
Menambah barcode pada blog adalah cara cerdas dan dibutuhkan..
Informasi juga Mas Hamdan..Link Anda :
Hamdan's Mobile Blog
http://alkasa.mywapblog.com/
Sukses terFolow dan terBlogRoll di
Iman Hijrah dan Jihad Mobile Blog
http://mekahmadinah.mywapblog.com
Demikian Informasinya.
Terimakasih Dan sukses selalu

Hamdan pada 05:46 PM, 14-Nov-11

@Nufiela, Silahkan sob,.. Dipraktikkan mrgreen

@Zetha, Thankx sob,..

@Iman , oke sob, Thankx ya .. Ane ganti sesuai pesanan ...

Sangkuriang pada 05:49 PM, 14-Nov-11

mantaaap surantaap mancaaap mrgreen
izin comot ah... Hehe

Sangkuriang blog,
http://shinno.pun.bz/

BLACK ANGEL pada 06:23 PM, 14-Nov-11

.maknyus info.a s0b. .

lpark pada 06:42 PM, 14-Nov-11

wah ,menarik sekali pak

tp aq ga ada symbianx tuk praktek .

Wawan93 pada 07:41 PM, 14-Nov-11

wah keren gan hamdan biggrin siap tuk bikin :$

Ibenk Msv pada 08:43 PM, 14-Nov-11

Sumpah brow trick nt keren semua, sangat membantu saya thanks yach

Flambon pada 01:49 AM, 15-Nov-11

oke deh sob..nyimak aja dlu biggrin

Asura Danisuke | MWB Netralizer pada 04:04 AM, 15-Nov-11

Udh ane folback

Gaara pada 04:05 AM, 15-Nov-11

nice info sob... Xixixixi... Pagii

Ditdoth™ pada 04:44 AM, 15-Nov-11

Met pagi kawan,
Met menjalani tifitas n lanjut trus karyanya,mantef razz

Gaara pada 07:56 AM, 15-Nov-11

met siang sob... Izin nyimak...

Setalar39 pada 10:23 AM, 15-Nov-11

maaf bru bsa mampir sob, wah boleh nih, thx ea

Azuma pada 11:08 AM, 15-Nov-11

mantapp

nifa pada 11:24 AM, 15-Nov-11

aslamualaikum selamat siang mas, kunjungan perdana mas, mau sarankan ya mas link downloadnya jangan di tarok ke 4shared biar gampang downloadnya ok makasih ya mas di tungu kunjungan balik ya makasihmrgreen

Sepzz pada 11:26 AM, 15-Nov-11

Nyimak z Sob. .wink
Keren. .

Nailul Marom pada 12:30 PM, 15-Nov-11

ttp smgt s0b,,,
wink

Ipaykhaan pada 01:51 PM, 15-Nov-11

siiiiip banget infonye gan

AING pada 02:49 PM, 15-Nov-11

Ajib banget sob infonya,,,thx

S60V5 APLIKASI | GAMES l THEMES pada 05:10 PM, 15-Nov-11

nyimak ya mas.. kalo sempet berkunjung yah?

メメ™ pada 05:26 PM, 15-Nov-11

mampir dlu ah disini.mkasih infonya

Muhammad Burhantio pada 06:47 PM, 15-Nov-11

wuih keren neh... Ane mo coba. Bisa gaya2an ke temen hahaha...

SagerMx pada 02:31 AM, 16-Nov-11

Pertamax bos..
Ijin nyimak ya.. Mantap info nya..

ribut lidayat12 pada 03:31 AM, 16-Nov-11

salam kenal sob. Mantap postnya. Skalian ijin folow dan jgn lupa folow back ya. Thanks biggrin

Arsandi pada 04:00 AM, 16-Nov-11

mantap sob postingan,,
Lanjutkan wink
Absen + nyimak yach

BLACK ANGEL pada 05:09 PM, 16-Nov-11

.bner2 mantap info.a s0b. .

Yudhie | Japanese Lover's pada 05:36 PM, 16-Nov-11

kunjungan perdana sob, izin nyimak. . .
di tunggu kunjungan baliknya..

Bani Adam pada 11:01 PM, 16-Nov-11

Sip pak

kiki pada 01:42 PM, 21-Nov-11

klo bar codenya diprint bsa ga gan?

ksatria sastrajingga pada 03:31 PM, 30-Dec-11

Maaf gan surprised www.arcode.kaywa.com lg error y gan ? Btw info na mantaph mrgreen7

Rhey pada 04:07 PM, 03-Jan-12

tq infonya

makmu pada 07:02 PM, 02-Feb-12

mohon bantuanya bagaimana cara mendapatkan sofware membuat label barcode

joyoningrat pada 04:22 PM, 16-Feb-12

masih bingung bos tentang pembuatanya, umpama saya punya produk,dan produk itu mau saya kasi barcode dalam kemasan nya, itu gimana?

ragil pada 04:34 AM, 08-Mar-12

jahuud gan, tamah ilmu nih

Ruli pada 07:20 AM, 05-Feb-13

Kalau bkin barcode buat plajaran fisika kelas 12 gmana ka. . Thanks

agus pada 02:45 PM, 17-Apr-13

mw tau, barcode berapa kali scan ya?

mia cemix pada 01:18 PM, 08-Jun-14

t u.....atas infox

Langganan komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Email:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)

Kode Keamanan:
Aktifkan Gambar


 
Kembali ke Atas